Jumat, 26 April 2013

Jenis-Jenis Kucing



Berikut adalah beberapa jenis-jenis kucing yang saya pernah saya tahu:

1. Turkish Angora
Seperti namanya berarti kucing ini berkembang biak di Turki. Mata Angora Turki yang membuat breed unik. Matanya mungkin biru, hijau atau kuning, atau satu bahkan biru dan satu kuning.

2. Sphynx
Sphynx adalah jenis kucing yang unik dan langka. Ciri-ciri tubuhnya yang tidak berbulu sama sekali. Banyak yang mengira kucing ini berasal dari negara Mesir, tetapi sebenarnya kucing ini berasal dari negara Kanada.

3.  Siamese 

Pertama kali kucing siam ada di eropa adalah saat kucing ini dijadikan hadiah untuk duta besar inggris. Kemudian seperti perkiraan kucing siam ini menjadi populer di Inggris kemudian di Eropa. Sifat dari Kucing Siamese adalah selalu ingin tahu dan hiperaktif. Kadang-kadang juga menjengkelkan karena terlalu berisik.

4. Persian

 
Kucing asal persia ini merupakan jenis berbulu panjang yang paling populer. Kucing persia akan sangat senang hidup sebagai kucing rumahan. Mereka bisa akrab dengan kucing lain, binatang lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menjadi sumber kebahagiaan bagi pemiliknya.

5. Scottish Fold

Ini kucing dengan penampilan burung hantu seperti disebut Scottish Fold. Hal ini juga kadang-kadang disebut Coupari, berkembang biak dengan mutasi gen dengan dominan-alam yang membuat tulang rawan telinganya berisi dan terlipat menyebabkan telinga membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka. nama aslinya sebenarnya adalah Flops untuk “floppy ” ears. Nama Scottish Fold menjadi nama yang berkembang di tahun 1966.

6. Bengal


Kucing Bengal adalah kucing liar yang besar berbintik dengan bulu pendek mengkilap. Kucing asal Amerika Serikat yang eksotis ini adalah jenis peliharaan berbintik yang paling banyak dan populer.

7.  Ragdolls

 
Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik.

8. Maine Coon
 
Maine coon mempunyai badan tinggi, berotot dan bertulang besar. Kucing jantan dewasa biasanya mempunyai berat badan 6- 9 Kg dengan panjang badan 1m, sedangkan betina biasanya lebih kecil dengan berat badan 4-6 kg. Dengan tambahan bulu musim dingin yang bisa mencapai panjang 7 cm, maine coon terlihat sangat besar. Kucing Maine coon terbesar yang pernah tercatat mempunyai panjang badan (dari kepala sampai ekor) 121 cm.

9. Himalayan
 
Kucing ini sangat mirip dengan kucing Siamese, namun memiliki bulu lebat seperti persia. Setelah diusut ternyata kucing ini adalah persilangan antara jenis Siamese dan Persian. Himalayan sudah ada sejak ratusan tahun lalu tetapi baru diperkenalkan di eropa sekitar tahun 1950-an. Waktu itu disebut dengan Colourpoint Persian seperti yang sering kita sebut sekarang ini.

10. Exotic Shorthair
 
Secara fisik, bentuk tubuh dan kepala Exotic Shorthair, identik dengan Persia. Warna dan pola warna serta warna mata juma sama seperti yang terdapat pada ras Persia. Satndar yang digunakan dalam Kontes juga sama. Satu-satunya perbedaan hanya pada panjang bulunya.

11.  British Shorthair
 
Dari namanya pastilah tertebak asalnya yaitu Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.

12. Norwegian Forest
http://norjalainenmetsakissa.fi/images/_mg_2099.jpg
Norwegian Forest Cat (NFC) adalah salah satu ras kucing yang berkembang secara semulajadi. Ras kucing ini berasal dari daerah yang bernama Norway, sehingga sering juga disebut Norway atau Skogkatt (kucing hutan). Nenek moyang kucing ini tidak diketahui secara pasti, diduga berasal dari hutan-hutan di daerah Nowegia dan Skandinavia Kucing Norway sering muncul dalam dongeng-dongeng Norwegia.

13.  Birman
 

Kucing birman berasal dari negara birma. Jenis kucing ini biasanya bertempat tinggal di kuil. Bahkan ada sebuah kepercayaan jika kucing kuil ini mati. Maka arwah kucing tersebut akan ditemani khusus oleh arwah pendeta (manusia).
Menurut sebuah catatan sejarah. Kucing birman mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia seperti ragdoll pada tahun 1919. Adalah dua orang berkebangsaan peracis yaitu Auguste Pavie dan Gordon Russel yang mendapatkan hadiah sepasang kucing birman karena telah membantu para pendeta kuil.

14. Manx

Kucing ras Manx atau sering disebut juga ras Rumpy adalah kucing yang mengalami mutasi genetik. Mutasi ini berhubungan dengan perkembangan tulang punggung. Gen tanpa ekor bersifat dominan (menutupi/mengalahkan gen ekor normal). Kucing Manx ini berbulu pendek (shorthair), namun ada Manx yang berbulu panjang (semilonghair dan longhair) dan membentuk ras tersendiri yang disebut ras Cymric.

0 komentar :

Posting Komentar